Cara menciptakan Blog

Hai sahabat semua selamat berjumpa....
Semoga semuanya baek2 ajah.... (weleehhh... kayak berkirim surat...hehehe...)
Baiklah sobat semua, pada postingan saya ini, saya akan menulis artikel tentang bagaimana menciptakan sebuah Blog dengan Blogger.com. Mungkin hampir semua orang yang mengunjungi blog saya ini pada ketawa terbaha-bahak (seperti ini nih ...wakakakak.....), dan berkomentar Kunooo!!!, tapi ngga' apa-apalah, postingan ini saya terbitkan berkat permintaan dari seorang teman yang katanya belum tahu apa itu blog dan bagaimana cara membuatnya, maka saya terbitkan postingan ini (atau dengan kata lain, Blog ini adalah Blog pemula). Jadi bagi yang sudah piawai dalam dunia blog ya lewatin aja.... wekekek... (sok pinter!).

So kita mulai aja... inilah versi saya.

Untuk menciptakan sebuah blog, anda harus mempunyai account Google (alamat email pada http://mail.google.com). Di sini saya anggap sobat sudah memilikinya.

Silakan masuk ke halaman Blogger dengan alamat http://www.blogger.com (setelah halaman blogger.com terbuka, sebaiknya pilih bahasa Indonesia, di pojok kanan atas), seperti ini.



Isikan account google dan pasword (account dan pasword email) anda.
Contoh account google/alamat email goggle : akunanda@gmail.com
Selanjutnya klik "MASUK". Akan ditampilkan halaman seperti dibawah ini.


Klik "CIPTAKAN BLOG ANDA". Halaman berikutnya seperti ini.

Isikan judul blog anda pada kolom "Judul Blog". Judul ini akan ditampilkan paling atas pada halaman blog anda.
Selanjutnya isikan alamat url blog anda pada kolom "Alamat Blog (URL)". Alamat inilah yang nantinya akan dipakai pengunjung untuk mengunjungi blog anda seperti halnya alamat website pada umumnya.
Contoh : misalkan anda mengisikan "cintaku", maka alamat URL anda menjadi : http://cintaku.blogspot.com.
Klik "LANJUTKAN"
Berikutnya akan muncul halaman berikut.

Silakan pilih template/format halaman blog anda sesuai keinginan (suka-suka gitu loh...)
Trus klik "LANJUTKAN"


Klik "MULAI BLOGGING"

Anda akan masuk pada halaman Posting seperti ini.


Nah...sekarang baru deh anda bisa menulis artikel sesuka anda (bisa berupa cerita, iklan, tutorial, dll... yaahh pokoknya suka2 deh...). Terlebih dahulu jangan lupa memberi judul artikel anda pada kolom "Judul"

Setelah dirasa selesai mengetikkan artikel silakan klik "TERBITKAN .....", artikel anda siap dilihat kalangan umum (untuk melihat sendiri hasil postingan anda, setelah diterbitkan, klik "Lihat Blog"/"Lihat Entri". Jika penulisan belum tuntas dan anda akan menyelesaikan di lain waktu, anda bisa menyimpannya dulu dengan meng-klik "SIMPAN....."

Mungkin ampe dicini dulu ahh...udah cape n ngantuk neh... mo istirahat dulu...(tunggu seri berikutnya.... Wassalaam.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar