Merubah Template Blogspot


Sobat blogger yang baru mengenal dunia bloging, sobat tentu sudah tahu apa itu template. Template adalah halaman dimana kita menuangkan artikel yang terdiri dari halaman judul, halaman posting (artikel), sidebar widget (berada di sisi kiri/kanan/keduanya), dan foother widget (berada di bagian bawah postingan. Weleehhh... lagi-lagi artikel kadaluwarsa...! Nggak apalah, barangkali ada yang belum tahu.

Ketika pertama kali melakukan langkah-langkah membuat blog baru, ada bagian dimana kita diminta untuk memilih template. Seringkali template yang sobat pilih tidak sesuai dengan keinginan. Template yang sudah dipilih bisa sobat ganti sesuai keinginan dan selaras dengan judul dan tema blog. Sobat bisa memilih ulang atau menggantinya dengan template yang disediakan Blogger.com atau dari template-template yang tersedia di situs-situs yang lain yang menyediakan download template gratis.

Untuk mengganti template yang sudah tersedia di Blogger.com caranya adalah:
Masuk halaman Dasbor klik Tata Letak/Template kemudian klik Pilih template baru
nah silakan pilih template yang tersedia sesuai yang sobat inginkan.

Untuk mengganti template selain milik Blogger.com, caranya adalah: Download template dari situs yang menyediakan template untuk blog, simpan dalam komputer sobat, kemudian masuk ke halaman Dasbor klik Tata letak, klik Edit HTML, klik Telusuri kemudian cari template hasil download pada komputer anda, klik Open, klik Unggah, dan yang terakhir klik Simpan Template. Nah silakan lihat blog sobat, pasti tampilannya sudah berubah.
(Gampang tho..., iya tho... hehe... kaya mbah Surip)

Catatan : supaya aman, sebelum mengganti template, simpan dulu template yang lama ke komputer sobat dengan meng-klik teks Download Template Lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar